Skip to main content
Sirkuit

Sirkuit Balap Motor Berstandar Nasional Dibangun di Kendari

HALUANRAKYAT.com, KENDARI - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sedang melakukan tahapan pembangunan sirkuit balap motor berstandar nasional di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.


Sirkuit yang berlokasi di kawasan Nanga-nanga ini telah memasuki tahap land clearing dan pembentukan alur, sebelum nantinya pembangunan fisik akan dilaksanakan pada tahun 2021.


"Sirkuit yang akan dibangun untuk IMI Sultra di kawasan Nanga-nanga dengan luasan 10 hektare yang tanahnya merupakan pemberian dari Pemprov Sultra. Untuk anggaran tahun ini Rp1,9 milyar dan selanjutnya akan dianggarkan pada tahun 2021 untuk pembangunan fisiknya," kata Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sultra, Anton Timbang, Jumat (2/10/2020).


Menurut Anton, pada tahun ini pihaknya akan fokus pada land clearing dan pembentukan alur dengan ciri khas pulau sulawesi yang membentuk pola huruf K. Kontraktor dengan didampingi oleh IMI Sultra sudah dalam tahap land clearing sesuai dengan peta dan sertifikat yang diberikan oleh Pemprov.


"Panjang sirkuit 2 kilometer dan kalau sudah jadi, pemanfaatan sirkuit ada beberapa kategori. Bisa digunakan untuk balap motor, drag bike motor, drag race mobil, dan slalom," imbuhnya.


Di samping itu, IMI Sultra juga akan membangun sirkuit grass track. Nantinya, dalam satu kawasan itu ada dua sirkuit, satu yang beraspal dan satunya lagi yang beralas tanah.


"Perancang sirkuitnya berasal dari IMI Pusat dan bersertifikat. Ia juga yang merancang sirkuit PON Papua dan sikuit MotoGP Mandalika. Kita harapkan semuanya berjalan lancar sehingga tahun 2021 nanti pembangunan selesai dan sirkuit bisa digunakan segera," tutup Anton.

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.